Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Resensi Novel Wintercraft : Selubung Dunia Arwah

Bagi Mereka yang Ingin Melihat Kegelapan,
Bersiaplah untuk Membayar Harganya

   
Judul buku    : Wintercraft : Selubung Dunia Arwah
Penulis            : Jenna Burtenshaw
Penerjemah    : Wahyu Nugroho
Penerbit          : Dastan Books
Cetakan 1       : April 2012
Tebal              : 332 halaman
Harga buku   : Rp. 55.000,00

Menakjubkan, mungkin itu adalah kata yang tepat untuk menggambarkan novel ini. Wintercraf ; Selubung Dunia Arwah ini adalah sebuah novel yang sangat menarik hasil karya dari Jenna Burtenshaw, seorang penulis yang tinggal di daerah timur laut Inggris. Jenna merupakan seorang vegetarian yang sudah mulai menulis cerpen dan puisi saat berumur 9 tahun. Kastil, gereja, dan pemakaman memberinya inspirasi dalam menulis cerita fantasi misteri karena pecinta binatang ini mencintai tempat-tempat yang penuh dengan sejarah.
Novel Wintercraft ini menceritakan tentang sebagian kehidupan dari Kate Winters yang hidup di Kota Morvane, Negeri Albion. Kate baru berumur lima tahun saat para warden (prajurit yang diperintah Dewan Tinggi Albion) terakhir kali datang ke kotanya. Itu adalah hari ketika segalanya berubah. Hari ketika orangtuanya dibawa pergi dan untuk pertama kalinya dia merasa memiliki musuh. Sepuluh tahun kemudian, para warden kembali datang dipimpin oleh pembunuh berdarah dingin, Silas Dane. Kate tidak pernah mengira bahwa dirinyalah yang kini menjadi buruan mereka. Dan ketika dia tanpa sengaja menghidupkan kembali seekor burung yang sudah mati, ia tahu alasan kenapa para warden menginginkannya. Setelah Kate tertangkap oleh Silas, Kate dipaksa untuk membantu untuk mencapai tujuan Silas dengan kemampuan Kate yang dapat  melewati Selubung antara kehidupan dan kematian. Namun Silas bukan satu-satunya orang yang menginginkan kekuatan Kate. Dengan nyawa pamannya sebbagi taruhannya, Kate berlomba dengan waktu sebelum Malam Para Arwah tiba dan akhir segalanya ditentukan.
Novel yang sangat menegangkan ini dibuat dengan baik oleh Jenna. Dia dapat menggambarkan situasi dan lokasi kejadian dengan terperinci. Ini adalah salah satu novel yang memiliki cerita yang fantastis dengan jalan cerita yang tidak dapat ditebak. Cerita ini dari awal sampai akhir sangat berstruktur dan mudah dimengerti. Tema yang diangkat pun menjiwai seluruh paragraf dari novel ini. Cerita yang misterius ini membuat pembaca tidak bisa berhenti membacanya karena tokoh-tokoh yang dihadirkan mempunyai watak yang tidak biasa yang membuat cerita ini makin unik. Di dalam novel ini jugga terdapat mantra-mantra aneh yang dijamin membuat kalian penasaran. Walaupun digambarkan dengan terperinci, untuk menghayalkan tempat kejadiannya sangat sulit. Coba saja bayangkan suatu tempat diantara kehidupan dan kematian. Disini juga banyak digunakan kosa kata baru yang tidak diketahui maknanya. Namun tetap, dari keseluruhan isinya novel ini tergolong menarik untuk dibaca.
Hal tersebut bukan cuma saya yang merasakannya –wondrousreads.com menyatakan bahwa novel Wintercraft ini merupakan kisah fantasi yang berlimpah dengan misteri, bahaya, dan tokoh-tokoh keren! The Bulletin of the Center for Children’s Books juga berpendapat bahwa dalam novel ini, Jenna menciptakan karakter-karakter yang sangat menarik dan deskripsi tentang orang-orang Albion yang menyeramkan. Menurut saya sendiri, novel ini mampu membangkitkan rasa ingin tahu pembaca tentang apa yang ada di halaman selanjutnya. Novel ini dapat dibaca oleh orang berumur 13 tahun keatas karena dalam novel ini tidak ada hal yang sensitif ataupun  ajakan untuk melakukan kekerasan melainkan novel ini berisi banyak tentang perjuangan untuk hidup. Untuk semua yang mencintai novel fiksi-fantasi sebaiknya membaca novel ini juga. Dijamin kalian tidak akan rugi.
           

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mau dun bukunya

Yuu mengatakan...

setuju sama pendapat kamu tentang wintercraft, ngomong2 pernah baca wintercraft 2 dan 3 belum ? (blackwatch dan legacy)

Unknown mengatakan...

boleh lebih detail lg g kak? untuk ringkasan cerita setiap bab

Posting Komentar