Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Langkah-langkah Meresensi Buku


Pengertian Resensi
                Resensi adalah ulasan buku atau pertimbangan terhadap suatu buku tentang kelemahan dan kelebihan buku tersebut. Tujuan dari resensi buku adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai isi sebuah buku. Orang yang meresensi buku disebut resensator. Resensator hendaknya bersikap jujur dan obyektif dalam meresensi buku. Buku yang diresensi biasanya adalah buku yang baru terbit. 

Langkah-langkah meresensi buku:
1.       Membuat judul resensi. Ingat! Judulresensi dan judul buku berbeda.
2.       Mencatat identitas buku. Seperti judul, pengarang, tebal, tahun terbit, penerbit, harga dan warna cover secara lengkap.
3.       Pembukaan
Dalam pembukaan, berisi perkenalan pengarang , kekhasannya dan juga penghargaan yang pernah diraihnya. Selain itu, paparkan juga tema dari buku tersebut, tambahkan kesan kalian setelah membaca buku ini serta memaparkan keunikan buku tersebut.
4.       Isi
Dalam isi, masukan sinopsis dari buku yang diresensi, tambahkan ulasan singkat dengan kutipan bila ada. Setelah itu paparkan keunggulan dan kelemahan buku (Catatan : janggan paparkan dalam keadaan terpisah. Paparkan dalam paragraf!).
5.       Penutup
Penutup berisi sasaran yang ingin dituju buku tersebut. Seperti siapa saja yang dapat membaca buku tersebut, apakah remaja, anak-anak atau hanya orang dewasa dan mengapa. Sertakan alasan yang masuk akal untuk mendukung pendapat kalian.

Meresensi buku sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan asal mau belajar dan tidak takut salah. Jangan katakan “tidak bisa” sebelum mencoba! Fighting!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar